When You Say Nothing at All

Just When No Words Can’t Hide

It’s time for open source !

with 8 comments

Horeee…. akhirnya bisa juga meng-Install OS Linux Based di laptop, Linux yang dipake Linux Suse 10.1, sukses besar…..
Lho koq bisa beralih ke Open Source katanya anda adalah anggota pengguna Windows ? gimana toh koq bisa – bisa nya anda beralih ke Linux yang katanya OpenSource ? weleh – weleh anda bagaimana to ?

Jadi ceritanya begini… Kemarin hari minggu lalu, lagi sedang suntuk di rumah, daripada cuma bengong di rumah mendingan saya pergi jalan – jalan untuk menghilangkan kesuntukan di rumah, tapi mau kemana ? dalam benakku kayaknya kalo ke toko buku lebih baik deh, daripada mejeng ngga jelas di Amplaz (Bahasa kerennya Ambarukmo Plaza) mending ke toko buku, dua hal yang didapat kalo ke toko buku, yaitu cari buku baru sekalian mejeng kekekkeeee….. !!

Akhirnya ku putuskan ke toko buku Toga Mas,
Hmmpp… sebenarnya sih sekalian cari buku tentang Pengolahan Citra Digital, habis masih pusing tentang tugas akhir ku yang tentang mengenali pola, mengapa pembelajarannya luaammaaaaaaaa banngeeeeett…., masa sampe – sampai itu 2 pertandingan sepak bola terpanas di liga inggris selesai tuh komputer masih loading ngga jelas… yang artinya pembelejarannya belom selesai… hiksss, mengapa lama sekali ? nasehat temanku sih mungkin image-nya perlu di perbagus lagi, yah akhirnya kuputuskan untuk membeli buku-buku yang berkaitan dengan pengolahan citra

Tepat sebelum dzuhur aku pun tiba disana, motor merah suprax milik adekku pun dengan sukses membelah jalan gejayan, setelah memakirkan motorku dan menitipkan jaketku di penitipan jaket, aku langsung ke bagian rak komputer, hmppphhhhh gumammku setelah sekitar 5 menit memandang rak buku yang tiiinggggiiii banget berisi puluhan buku dan judul..

“Lho koq ngga ada buku yang ane cari ??”, langsung pindah ke rak sebelahnya …
“Lho koq ngga ada ?”, bagaimana ini ??…

Setidaknya 8 rak buku yang ada disitu aku jamah dengan liarnya mencari buku yang entah kenapa susah dicari, padahal terakhir kali ke sini ntu buku masih banyak dengan berbagai pengarang buku dari beberapa penerbitan
yang kantornya tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

“Koq, ngga ada juga ?” gumamku kesal dalam hati…

Coba mencari dengan komputer, ternyata emang lagi kosong buku yang aku cari itu, hmmpphh yahh mau bagaimana lagi bukunya kosong..

Namun ada satu buku yang membuatku tertarik, yaitu buku mini SuseLinux 10.1 keluarannya InfoLinux, buku yang bergambar bunglon di sampul depannya, lumayan mahal sih, namun itu terbayar karena mendapatkan DVD berisi SuseLinux itu tadi beserta paket – paket dalam linux, dengan senang hati akhirnya aku membayar di kasir dan langsung cabut pulang ke rumah..

Malamnya langsung aku backup data – data penting dalam laptopku untuk mengosongkan partisi hardisk biar cukup buat linux-nya… Lumayan lama sih hampir kira – kira 3,5 jam hanya buat memindahkan data dari Laptopku ke Komputer dekstopku (yang cukup besar harddisknya.. 200Gb man !, namun kayaknya udah gak dehh….😦 ).

Pantes aja lama yang di-backUp itu sekitar 28,67 Gb… gile isinya sih cuma foto – foto pas waktu KKN dulu, hehehe mengigatkan masa KKN yang indah dulu, yak setelah beres mem-BackUp data akhirnya partisi D:/ Laptopku dengan suskes bersih dari data – data, setelah itu dengan bantuan partition magic aku akhirnya dengan sadis membagi lagi partisi D:/ yang berisi sekitar 33 Gb menjadi 3 partisi baru 25 Gb untuk partisi D:/ yang tadi trus 1 Gb buat partisi swap linux dan terakhir 5 Gb buat partisi Linux-nya.

Semakin bernafsu buatku untuk melanjutkan terus meng-Instalasi Linux, namun pada buku panduan itu disarankan untuk mendefrag dulu partisi dimana Windows berada, akhirnya aku pun mengikuti saran itu, walhasil mnedfrag sebuah partisi Luaaaamaaaaaa Baaangeettt !, yaudaah akhirnya aku tinggal tidur laptopku, akhirnya defrag beres jam 3 pagi, dengg !, dari jam 10 malam coba, masa sebegitu lama ya ? 5 jam hanya buat defrag satu partisi… busyeeettt !!, mungkin lama karena besar partisinya sekitar 20 Gb. akhirnya aku pun tidur, install Linux, besok sajalah….

Pagi – pagi jam 7-an, akhirnya aku memulai meng-Isntall linux Suse 10.1 itu, tak ada hambatan sampai masuk konfigurasi Hardisknya… waksss akhirnya setelah membolak-balik buku SuseLinux 10.1 itu akhirnya Suse 10.1 terInstall di Laptop ku. Horeee !!!! seep dahh……

Lumayan lama meng-Intall Suse itu, hampir sekitar satu setengah jam hanya untuk meng-Install paket bawaan Suse-nya walau bisa di-set mau Install apa aja, tapi daripada pusing – pusing akhirnya aku milih semua paket diInstall, akhirnya disambii nonton siarang ulang MU vs AS Roma di ESPN, MU Hebat euuyyy mengalahkan Roma 7-1,

Tepat setelah siaran ulang itu selesai, Linux Suse 10.1 ku telah ter-Install dengan sempurna…
Now, It’s time for OpenSource…

Written by kudzi

April 22, 2007 pada 1:17 pm

Ditulis dalam Curhat Nehhhh, Ngga Penting

8 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. telat!
    aku dah pake yang 10.2? bagemana? tertarik? tampilannya jauh lebih yahud😀

    joesatch

    April 23, 2007 at 3:44 pm

  2. Joesatch ::
    Perlu diklarifikasi dulu Suse atau OpenSuse ?
    itu dua hal yang berbeda akhi….

    kudzi

    April 23, 2007 at 4:40 pm

  3. opensuse!
    masak ga tau kalo versi non komersialnya udah berubah nama sejak versi 10?

    joesatch

    April 24, 2007 at 5:50 pm

  4. Joesatch ::
    Hmmpppphhh….
    Masa sih ? punyaku tulisannya Suse 10.1 tuh ?
    Mana yang bener ?

    kudzi

    April 25, 2007 at 2:24 am

  5. kudzi bilang:
    Horeee…. akhirnya bisa juga meng-Install OS Linux Based di laptop, Linux yang dipake Linux Suse 10.1, sukses besar…..
    aziz bilang:
    senang banget sih. Kamu kan computer science. Kalo cuma install linux jangan terlalu berlebihan dong senangnya🙂.
    Mendingan kamu mesen cd ubuntu feisty fawn aja di internet. Gratis

    aziz

    April 26, 2007 at 12:28 pm

  6. aziz perdana
    Weekkk biarinnn !!…
    Aku kan anggota pengguna Windows, jadi kalo senangnya berlebihan pas install linux wajarlah….
    Aku kan seorang newbie…
    bukan dirimu yang seorang ekspert di linux weeeekkkk….!!😛

    kudzi

    April 26, 2007 at 1:27 pm

  7. Numpang nimbrung nih Mas…
    Hm, bagus anakku…
    Kamu sudah selangkah lebih maju. Namun taubatmu belumlah cukup, sampai nanti kamu dibaiat menjadi linuxer sejati. Teruskan, teruskan…

    pramur

    April 29, 2007 at 9:59 am

  8. Kudz sekalian direview suse nya, keunggulan sama bug nya.

    fuadq

    Mei 14, 2007 at 4:38 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: