When You Say Nothing at All

Just When No Words Can’t Hide

Kalo gini caranya, dari dulu saya tidak mau !!

with 6 comments

Maaf – maaf baru nulis lagi nihh…..
Hehehheeee….
Tulisan saya terdahulu tentang Assign Pic form JPEG to Bitmap in Delphi didalamnya bercerita tentang kerjaan ku membangun sebuah Sistem Informasi Sekolah berbasiskan aplikasi dekstop….

Setelah berbulan – bulan lamanya akhirnya tuh SI jadi deh, ada 4 bulan waktu yang dihabiskan untuk membangun sebuah sistem yang besar, terlalu lama menurut estimasi pembuatan yang bos ajukan di Proposal, di Proposal waktu yang dibutuhkan cuma 1 bulan, ehh akhirnya hanya bisa molor sampai 4 bulan…. itupun kayaknya masih banyak bug-nya.

Bagaimana tidak lama, !! Programmernya cuma aku seorang dan hanya dibantu oleh seorang desainer form, itupun aku harus meng-Editnya lagi karena ternyata nda sesuai dengan keinginan saya sebagai programmernya… jadilah aku kerja dua kali …., mana sama Project Managernya (PM) aku dilepas begitu aja.. nda pernah ditanya ada kesusahan atau tidak… malah dia asyik buat TA-nya, aku kapan donk bisa dengan leluasa mengerjakan tugas akhirku yang berkutat dengan Nefprox… (apaan tuh ? nefprox pernah dengar ?).

Tapi akhirnya at last, SI itupun jadi….
Tadi siang sekitar jam 12.15 lebih berangkat dari MIPA Selatan menuju SMP-nya disekitar babarsari bersama sang Project Manager (PM) naek motornya PM, membelah selokan tiba disana hampir jam 1… Langsung ketemu dengan guru yang akan menggunakan SI tersebut, ternyata bapaknya udah lama menunggu.. oh yaa sekalian memperbaiki tulisan terdahulu nama bapaknya Slamet… Slamet Riyadi tepatnya, kayak nama jalan protokol di Solo dehh.. setelah dipersilahkan masuk

Dengan senangnya kami masuk, kemudian mencoba meng-Install program SI yang telah dibuat…, Pertama install MySQL (databasenya), kemudaian Install Apache dan PHPMyAdmin buat dump SQL-nya.

Sukses sih install exe-nya program itu, tapi masalah berlanjut ketika men-Dump SQL-nya, ternyata sama si PM udah diEdit, wahh kacau dehh….. ada pesan error sintax near … bla bla bla bla… Busyet kacau dehhh…
Namun aku berusaha tenang, ternyata ada beberapa bagian yang terkomen dalam sintax SQL-nya, jadilah aku menghapus – hapus manual lagi di File Text-nya Dump buat SQL.

Database sudah Oke, kemudian mencoba programmnya. Setelah dijalankan eh.. ternyata porgramnya tidak mau terhubung dengan databasenya… waduhh apalagi ini…. selagi mencari apa yang salah si Pak Slamet itu pamit bentar sama kami,

“Masih lama ya mas ? Ini diminum dulu, Oh Ya ! saya anter anak saya dulu ya ! kasian dari tadi nuggu” ujar pak Slamet, sambil berlalu keluar dari ruangan..

“Oke, pak kami disini sambil mencoba menginstall programnya” ujari Si PM.

Keringat pun mengucur deras sambil mencari kesalahan padahal jam sudah menunjukkan pukul 2 siang, bentar lagi kuliah Simulasi jam 3 sore, hiksss… help me, si PM udah takut – takut aja ngga bisa jalan… “Wah Kacau nehh !!” begitu katanya setiap kali gagal…., kutimpali bos tenang – tenang masih ada aku koq.. Ku Coba mengEksplorasi kesalahan terletak dimana, hmmmpphh mungkin di databasenya yang tidak sama user dan password rootnya… dicek ulang ternyata it’s Ok, dicek kembali di File konfigurasic koneksi programnya… udah sama koq.. user ama passwordnya dengan user dan passwordnya MySQL….

Hmphhhh…. apa yah salahnya… eh ternyata libarary yang kupesankan sama PM untuk disertakan, lupa disertakan dalam instller Programmnya, hiksss padahal udah capek – capek gonta – ganti database dan apache ehh malah lupa menyertakan library… ampe dunia kiamat juga kalo ngga ada library-nya ya mana mau… pantesan… dari tadi ngga mau terhubung dengan database-nya…

At last, we did it, akhirnya jalan juga ntu program, hehehe.. btw pak Slamet kapan baliknya ya ?? tanya kami kebingungan kepada salah satu guru yang masih nangkring disana (emang mahasiswa ??),

“Oh ya ! nanti pak Slamet datang koq, tenang aja….” Ujar Guru tersebut…

“Kami tunggu aja bu, tapi kami ke Mesjid dulu ya bu, belom sholat Dhuzur nehh” ujar Si PM

“Tapi jangan lupa balik lagi ya !!” Ujar bu guru tersebut membalas..

Setelah istirahat dan sholat di masjid deket SMP itu, aku ma PM pulang lagi ke SMP itu, setelah menunggu kira- kira setengah jam, akhirnya pak Slamet itu datang beserta anaknya lagi.. ternyata anaknyasekolah disitu juga to ?

“Pak, udah saya install kan dan berjalan dengan baik !” tukasku dengan cepat….

“Oh, ya kalau begitu besok kalau ada yang ingin saya tanyakan nanti saya hubungi kalian lagi” ujar pak Slamet.

“Oke pakk! ” sahut kami berbarengan..

“Pake nomor saya aja pak, 0852xxxxxxxx (maaf disensor… privasi – privasi men !)” ujar si PM..

Sampai disini kami lega, namun itu awal mula aku mulai dongkol !! karena bapaknya ngomong begini…

“Mas, ini kalo Porgramnya kami taruh di tempat umum bisa mas ? Buat orang tua wali murid yang inigin tahu nilai anaknya….” tanya pak Slamet …

“Wahh… itu yang kami buat baru sistem Admin-nya saja pak, belum make Clien side-nya pak !”…

“Tapi bisa kan dibuatkan ?” tanyanya lagi pak Slamet..

“Bisa saja pak, tapi nanti kami pikirkan dulu !” jawab si PM…

Wahhh dalam hatiku, beegini nih kalo dapet proyek ngga make kontrak kerja ! padahal menurut bos, hanya sistem adminnya aja yang dibuat..
Sial mana mau aku diperas begini… udah capek ngerjainnya… ngga dapat gede, mintanya banyak lagi… hikss namun aku pikir sih pengalaman buat ku dan teman – teman, jangan asal buat deal kontrak, maunya jelas pengerjaan apa saja yang harus dibuat dengan harga kontrak segitu…

“Nantilah, biar si Bos Proyek yang ngomong, yang jelas harus ada tambahan duit pembuatannya !” ujar si PM menenangkanku setelah bertanya sama dia…

Akhirnya jam setengah empat kami pun pulang… dengan wajah capek…. dan penuh cerita tentang cewek masing – masing di sepanjang jalan menuju MIPA lagi…

Hiksss…. kayaknya kita perlu belajar menghargai hasil karya intelektual orang…. ya saya baru merasa apa yang saya buat capek – capek ternyata sama orang awam hanya dihargai sedikit.. tanpa mau tahu bagaimana kita pontang panting ngga tidur, jarang tidur dalam seminggu, cuma bisa dibalas di hari minggu yang bisa tidur sepanjang hari… (Upsss kebiasaan buruk tuh !, jangan ditiru ya !!)…

Oke sekian dulu postingan dari saya….

Written by kudzi

Maret 20, 2007 pada 2:37 pm

Ditulis dalam Curhat Nehhhh

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Numpang nimbrung nih Mas…

    Wahhh dalam hatiku, beegini nih kalo dapet proyek ngga make kontrak kerja ! padahal menurut bos, hanya sistem adminnya aja yang dibuat..

    Makanya, pake surat, pake surat.. Saya sudah sekali seperti itu…

    Btw, yang sabar, nanti juga semakin profesional kok…

    pramur

    Maret 25, 2007 at 12:37 pm

  2. sobrun.. orang sabar bojone ayu.. tapi kl kudzi bakal bojone bagus.. wkekeke

    tepe

    Maret 28, 2007 at 11:11 am

  3. hihi…sama nih kejadiannya sama yg saya alami dulu waktu jaman kuliah, ga tidur, ga makan, ga tenang ngapa2in, yang ada di pikiran itu cuman ‘kafan ini kerjaan beresnya?’ eh pas dah beres masih di mintain macem2 heuheu tp yaaa itu semua adalah pengalaman yang menjadi bekal kita nantinya, biar ga ceroboh lagi sign proyekan😀

    ninoy

    Maret 30, 2007 at 8:18 am

  4. […] 2007 at 2:24 pm | In Curhat Nehhhh | Ini cerita berkaitan dengan 2 tulisan ku yang terdahulu yaitu kalo gini caranya dari dulu saya tidak mau dan Assign pic from jpeg to bitmap in delphi. Tulisanku itu bertuturkan tentang kerjaan dari tempat […]

  5. Ninoy : :
    Iya nehh mba Ninoy..
    Ane dibuat pusiang ma itu kerjaan
    Salam Kenal…

    kudzi

    April 13, 2007 at 3:01 pm

  6. ekspluataciya audi skachat adobe audition 15 fary audi rusifikator adobe audition diler audi skachat audition 15 opisanie audi opisanie audi skachat besplatno audio

    diler audi

    Januari 21, 2008 at 2:10 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: