When You Say Nothing at All

Just When No Words Can’t Hide

Acara – acara Pengantar Sahur – cocokkah dengan Bulan Ramadhan ??

with 5 comments

Bulan puasa membuat para pengelola televisi membuat beraneka ragam acara televisi yang sedapat mungkin menarik sehingga banyak mendapatkan respons dari masyarakat, dengan iming – iming hadiah jutaan bahkan milyaran rupiah disediakan dengan tidak lain untuk menarik perhatian pemirsa televisi. Kebanyakan isi dari acara – acara tersebut adalah komedi yang menghadirkan artis – artis yang menmpilkan berbagai komedi tentunya. Acara – acara tersebut yang mungkin sering kita lihat pada jam – jam sahur antara pukul 3 pagi sampai pukul 4 pagi.

Kita mulai dari Trans TV dan TV7, kenapa dimulai dengan kedua televisi swasta ini, ya.. karena kedua tv ini menghadirkan 2 acara yang sama yaitu Kerajaan Sahur…, formatnya komedi pemainnya siapa lagi kalo bukan si komeng dan teman – teman. ya baguslah mereka dengan format komedi berusaha mengocok perut pemirsanya.

Kita ke TPI, disini ada acara pengantar sahur yang agak aneh menurut saya dalam hal judul, yaitu Komedi Putar, aneh ya koq bisa medapat judul acara begitu ??, acara inipun sama formatnya komedi….!!!, didukung penuh oleh kelompok komedi Teamlo + Cagur dan kawan – kawan…. mereka pun berusaha untuk mengocok perut kita… tentunya dengan beragam kuis interaktif berhadiah jutaan..

Lanjut lagi ke Indosiar… disni adacara Ramadhan di Istana.., ada Taufik Savalas, Cak Lonthong dkk, Sofie Navita, dan tentu saja Desta dan Vincent… dengan Radio Republik BBM, ini acara sahur yang tidak kosisten menurut saya, karena di awal mereka menampilkna sang Presiden BBM, yang Sahur bersama rakyatnya… eh.. akhirnya malah katanya sedang safari… aneh nda konsisten dengan acara yg mereka buat.. dan lagi – lagi formatnya cuma komedi… dengan hadiah jutaan rupiah…

Kita beralih ke AnTV, disini ditayangkan Kuis Super Deal 2 Milyar… wow kuis yang mahal tentunya.. denganMC Nico Siahaan membawa pemirsanya ke awang – awang untuk mendapatkan duit milyaran.. nah formatnya kuis.. namun setelah acara ini AnTV malah menayangkan siaran Ulang SBY (Sambil Buka Yuuukk).. formatnya sama lagi KOMEDI….

Selanjutnya ke RCTI, disini acaranya Stasiun Ramadhan, dengan mengambil setting stasuin kereta api, acara yang dipandu oleh Eko patrio dkk, sama lagi formatnya KOMEDI… lagi – lagi denga hadiah jutaan rupiah..

Kita ke SCTV, disini SCTV malah menanyangkan Sinetron Si Yoyo dan Ceria Ramadhan, pada suatu kesempatan saya menyaksikan acara Ceria Ramadhan lagi menampilkan penari – penari yang berpakaian jaman firaun, seksi bo…. lagi – lagi formatnya komedi… walau sinetronnya bernuansa religius, namun yang paling dominan adalah acara satunya yang komedi.

Beralih ke Global TV, ini mah lebih aneh lagi mereka menayangkan Film Kartunnss SpongeBob SquarePants dkk, wahh cocok buat anak – anak walau menurut saya nda cocok buat anak – anak.

Selanjutnya ke LaTIVI, disini ada acara Grebeg Sahur, isinya para artis (of course artis komedi, e.g : basuki, tarzan, dkk) mendatangi kediaman sang Artis lainnya sebagai tempat untuk di Grebeg.. yah format nya hampir sama komedi, walau ditengah – tengah acara ada siraman rohani dari seorang ustadz…

Akhirnya at the last… kita ke stasuin TV berita, Metro TV, disini ada acara Tafsir Al-Misbah3, formatnya sama sekali berbeda, disini acaranya menyajikan Ilmu yang sangat bermanfaat, dengan menampilkan bpk. Quraish Shihab sebagai narasumber, berusaha menafsirkan satu – satu, ayat – ayat Al-Qur’an, kali ini mengambil tema “Mengenal Surat Al-Baqarah”, tidak ada nuansa komedi sama sekali dalam acara ini, yang ada kita terkesima akan ayat – ayat suci Al-Qur’an yang ternyata disetiap ayatnya berisikan makna yang jika dipikir lebih kanjut mempunyai makna yang sangat dalam, dan bpk, Quraish Shihab menuntun kita untuk ikut menafsirkan bersama, banyak sekali ilmu yang di dapat, dari acara ini, sesungguhnya acara ini sangat membantu kita untuk mngenal lebih dalam akan Agama Islam, yah.. kalo ngakunya orang Islam, tentunya kita harus kenal dengan Islam ya nggaa ???

Dari tulisan saya sebelumnya dapat saya simpulkan, acara – acara tv di Indonesia pada bulan Ramadhan (khususnya pas Sahur) hampir 80 % tidak mencerminkan bulan Ramadhan itu sendiri, kebanyakan dari acara – acara tersebut berformat Komedi, seakan – akan mereka memanfaatkan moment bulan Ramadhan sebagai ajang jualan acara – acara yang tidak bermutu, yaitu sama sekali tidak mencerminkan bulan ramadhan, bulan ramadhan adalah bulan dimana kita berusaha untuk berlomba – lomba untuk mendekatkan diri dengan 4JJ I SWT, pelbagai acara ditayangkan namun hanya sedikit yang menayangkan acara yang bernuansa Ramdhan khususnya pas saat kita sahur…

Sedihnya……………………….

Written by kudzi

Oktober 17, 2006 pada 3:28 am

Ditulis dalam Kritikan

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mungkin para stasiun TV itu berusaha untuk membuat orang2 tetap terjaga pas sahur dengan menampilkan acara komedi pas sahur.
    But still emang mereka ngeliat potensi pasar yang lebih besar ke acara komedi, segmen pasar buat acara religi macam di Metro tv berbanding jauh dengan segmen pasar di daerah komedi

    rharha

    Oktober 17, 2006 at 4:30 am

  2. Numpang nimbrung nih Mas…
    Hehe, makanya aku sedih pas di Jogja kok banyak yang ga bisa muter MetroTV dengan jelas ya? Btw, AlMisbah itu bagus banget lo… Artinya aja, lentera yang ditaruh di dalam lubang dinding (sok menterjemahkan AlQuran. Untuk lebih jelasnya, liat aja terjemahan aslinya)
    CMIIW

    pramur

    Desember 25, 2006 at 12:57 am

  3. sedih nih… kali ini gag ada KERAJAAN SAHUR

    rizky

    September 4, 2007 at 9:02 am

  4. Yang lebih parah lagi adalah bencong dan bencong-bencongan sekarang menjadi feature tetap dalam pelbagai acara sahuran. Maksudnya apa? Legitimasi pembencongan?
    Ditambah pula pelakon perempuan kini tak merasa perlu lagi menutup auratnya. Katanya Ramadhan adalah ajang perbaikan diri. Kalau hari biasa pamer aurat, bulan ramadhan juga pamer aurat, hari biasa cipika-cipiki laki-perempuan, lelucon jorok yang menjurus, bulan ramadhan setali tiga uang, maknanya apa? Pesan apa yang ingin disampaikan pada pemirsa? Bahwa ramadhan adalah business as usual, bukan bulan yang sacred? Bukan sarana mempola diri untuk lebih baik?
    Ini namanya TV sudah menyesatkan pemirsanya, dan sama sekali tidak respek terhadap kebutuhan pemirsa. Ini tidak lain wujud suatu penzaliman atau tirani.
    Metro TV mungkin sedikit lain. Tapi tidak semua orang nrimo dengan Metro TV. Ada nuansa agenda tertentu yang gak semua pemirsa sejalan dengan agenda Metro TV.

    AgungK

    September 16, 2007 at 6:51 pm

  5. Anda menulis Lafadz Allah SWT dengan tulisan seperti ini
    : 4JJ I / 4jj i

    Hal tersebut banyak juga kita temui di dalam SMS karena untuk menyingkat Lafadz Allah SWT atau kah untuk memperlihatkan kekreatifan kita pada orang yang kita kirimi SMS. Akan tetapi penulisan tersebut tidak benar, karena penulisan itu sebenarnya berasal dari : 4JJI = for Judas Jesus and Isa Almasih.

    Hal tersebut sangat bertentangan dengan Akidah Islam, mungkin maksud dari kita tidak mengarah ke-arti tersebut akan tetapi benar-benar murni dengan maksud menulis Lafadz Allah SWT semata. Akan tetapi kita dilarang untuk mengikuti mode atau ciri khas dari orang nasrani/ yahudi. Oleh sebab itu mari kita tinggalkan penulisan Lafadz Allah seperi yang dilakukan oleh orang Yahudi, dan semoga kita di jauhkan dari dosa-dosa yang disebabkan ketidak tahuan kita.

    nasrudin (alias)

    September 22, 2007 at 2:32 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: